Jumat, 13 September 2019

RESENSI BUKU “EKONOMI KREATIF, EKONOMI BARU : MENGUBAH IDE DAN MENCIPTAKAN PELUANG"





Judul Buku   : Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru : Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang
Penulis             : Suryana
Penerbit           : Salemba Empat
Tahun Terbit    : 2013
Tebal Buku      : 228 halaman
ISBN               : 978-979-061-249-5

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah mampu mengubah pola kehidupan manusia. Pola-pola ekonomi di masyarakat, seperti pola produksi, distribusi, dan konsumsi selalu mengalami perubahan. Orientasi kegiatan ekonomi pun berubah dari ekonomi pertanian, ekonomi industri, ekonomi jasa, ekonomi informasi, menuju ke ekonomi kreatif. Menurut Howkins, pada awal abad ke-21 atau tepatnya sejak 2001, kita telah memasuki era ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif merupakan suatu kegiatan ekonomi yang digerakkan oleh industri kreatif dengan menggunakan peranan kekayaaan intelektual. Industri kreatif digerakkan oleh para wirausaha, yaitu orang yang memiliki kreativitas dan inovasi dalam menciptakan suatu penemuan. Pada masa ini, telah banyak wirausaha yang memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan tujuan menambah nilai guna dan memecahkan suatu permasalahan. Dengan kreativitas dan inovasi di era ekonomi kreatif, diharapkan akan dapat mewujudkan ide-ide yang muncul dengan menciptakan peluang di masa modern ini.


Buku setebal 228 halaman ini mencakup 11 bagian. Berikut ringkasan mengenai isi buku tersebut,
ü Bab 1 Evolusi dan Gelombang Ekonomi Baru
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mampu mengatasi kesenjangan antara kelangkaan barang dan jasa, dimana kebutuhan manusia tidak terbatas, namun sumber daya yang ada terbatas. Perkembangan ilmu pengetahuan juga telah mengubah orientasi ekonomi yang dikenal dengan “gelombang ekonomi baru”. Sekarang kita telah memasuki gelombang ekonomi keempat yaitu “gelombang ekonomi kreatif”.

ü Bab 2 Konsep dan Konteks Ekonomi Kreatif
Konteks ekonomi kreatif meliputi kreativitas dan inovasi. Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang belum dikenal sebelumnya. Sedangkan inovasi adalah penciptaan yang lebih baik tentang sesuatu yang sudah ada.

ü Bab 3 Modal Pasar dan Aktor Penggerak Ekonomi Kreatif
Modal ekonomi kreatif terdiri dari modal insani, modal budaya, modal kelembagaan dan struktural, serta modal sosial. Aktor penggerak ekonomi kreatif meliputi wirausahawan, pemilik bisnis, dan  juga pemerintah.

ü Bab 4 Rantai Nilai dan Model Penciptaan Nilai Tambah Ekonomi Kreatif
Nilai tambah tercipta dari kemampuan berpikir kreatif yang berbentuk ide dan gagasan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Secara kualitatif, nilai tambah dapat diukur dari pembaruan dan kegunaan. Sedangkan secara kuantitatif, nilai tambah dapat diukur dari perbedaan.

ü Bab 5 Industri Kreatif
Industri kreatif merupakan kreasi, produksi, serta ditribusi barang dan jasa yang menggunakan kreativitas serta inovasi dengan kemampuan intelektual. Industri kreatif berperan dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional dan global, yaitu menciptakan bisnis, menciptakan lapangan kerja, menumbuhkan kreativitas dan inovasi, menciptakan sumber daya yang baru, meningkatkan ekspor, dan berkontribusi terhadap GNP.

ü Bab 6 Sumber Daya Ekonomi Kreatif
Sumber daya ekonomi kreatif adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan ide atau gagasan baru, teknologi dan metode baru, serta kandungan baru. Sumber daya manusia kreatif, meliputi orang yang menguasai bidang sains, seni, penemuan, pendidikan, dan sebagainya.

ü Bab 7 Kondisi dan Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Kreatif dan Inovatif
Kreativitas memiliki tiga kondisi penting, yaitu kepribadian, keorisinalitas, dan memilik makna. Faktor yang mempengaruhi karakter kreatif dan inovatif, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri atas bakat, pengetahuan, kemauan, sikap, motivasi, jiwa, perilaku, dan pengendalian diri. Sedangkan faktor eksternal terdiri atas lingkungan, keluarga, organisasi, pendidikan, pengalaman, dan kelompok.

ü Bab 8 Manajemen Kreativitas
Manajemen kreativitas menyangkut pengetahuan, ketika menggali sifat-sifat yang tidak menyamai dari ide-ide, dan ketika menyatakan hak kekayaan intelektual serta  membuat ide yang dimiliknya sebagai produk yang memiliki kesamaan.

ü Bab 9 Mengelola Ide dan Gagasan
Ide dihasilkan dengan cara merenung atau mengkhayal sesuatu untuk dapat digerakkan secara internal melalui perubahan cara pandang terhadap tindakan yang akan dilakukan. Kita perlu melakukan evaluasi secara terus menerus agar dapat mengubah ide menjadi peluang.

ü Bab 10 Kekayaan Intelektual
Kekayaan intelektual merupakan hak milik seseorang, dalam bentuk hubungannya dengan seseorang yang terbangun dari berbagai hak termasuk kepemilikan dan hak untuk menggunakan dan menghancurkan, serta hak untuk menjual, meminjamkan dan membuang.

ü Bab 11 Pengembangan Ekonomi Kreatif
Pentingnya kita melakukan pengembangan ekonomi kreatif disebabkan oleh kontribusi ekonomi kreatif yang signifikan terhadap perekonomian di Indonesia, ekonomi kreatif dapat meningkatkan kualitas hidup dan toleransi sosial, ekonomi kreatif juga dapat menciptakan bisnis yang kondusif, mendorong kreativitas dan inovasi untuk dapat membentuk citra bangsa dan mendorong kemajuan bangsa.

Buku Ekonomi Kreatif ini disusun untuk keperluan masyarakat luas, seperti akademisi, mahasiswa, pelajar, pengusaha, karyawan, pebisnis dan siapa saja yang berminat untuk mempelajari usaha-usaha kreatif dalam menciptakan kekayaan intelektual dan menciptakan peluang di bidang ekonomi. Buku ini disajikan secara imajinatif, karena isinya selain dalam bentuk uraian dan contoh, materi juga disajikan secara dialogis. Materi dalam buku ini juga disajikan secara lengkap dan disertai dengan tabel-tabel yang mendukung supaya pembaca mendapatkan gambaran mengenai materi. Selain itu di setiap akhir bab, terdapat rangkuman dari bab tersebut dan juga disertai bahan diskusi yang dapat kita manfaatkan sebagai evaluasi pembelajaran bab tersebut.

Berbicara mengenai kekurangan buku ini, buku ini terlalu terkesan dengan banyak tulisan dalam lembar demi lembarnya, alangkah lebih menarik jika ditambahi dengan ilustrasi gambar yang mendukung tentang kreativitas dan inovasi sehingga pembaca tidak terlalu berkutat hanya dengan materi-materi yang disajikan.

Terlepas dari kekurangannya, buku ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin mempelajari usaha-usaha melalui inovasi dan kreativitas untuk menciptakan peluang.

Situs website UNY :
http://perpustakaan.uny.ac.id

Sumber referensi buku resensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARTIKEL TENTANG KIAT MENGENTASKAN PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN MELALUI WIRAUSAHA

            Jumlah penduduk yang miskin dan berstatus menganggur terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Penduduk miskin ini se...