Judul Buku : Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru : Mengubah
Ide dan Menciptakan Peluang
Penulis :
Suryana
Penerbit : Salemba Empat
Tahun Terbit : 2013
Tebal Buku : 228 halaman
ISBN : 978-979-061-249-5
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah mampu mengubah pola kehidupan manusia. Pola-pola ekonomi di masyarakat, seperti pola produksi,
distribusi, dan konsumsi selalu mengalami perubahan. Orientasi kegiatan ekonomi pun berubah dari ekonomi pertanian, ekonomi industri,
ekonomi jasa, ekonomi informasi, menuju ke ekonomi kreatif. Menurut Howkins, pada awal
abad ke-21 atau tepatnya sejak 2001, kita telah memasuki era
ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif
merupakan suatu kegiatan ekonomi yang digerakkan oleh industri kreatif dengan menggunakan peranan kekayaaan intelektual. Industri kreatif digerakkan oleh
para wirausaha, yaitu
orang yang memiliki kreativitas dan inovasi dalam menciptakan suatu penemuan. Pada masa ini, telah banyak wirausaha yang memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptakan sesuatu yang baru dengan tujuan menambah nilai guna dan memecahkan suatu permasalahan. Dengan kreativitas dan inovasi di era ekonomi kreatif, diharapkan akan dapat mewujudkan ide-ide yang muncul dengan menciptakan peluang di masa modern ini.
Buku
setebal 228 halaman ini mencakup 11 bagian. Berikut ringkasan mengenai isi
buku tersebut,
ü Bab 1 Evolusi dan Gelombang Ekonomi
Baru
Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi telah mampu mengatasi kesenjangan antara kelangkaan barang dan jasa, dimana kebutuhan manusia tidak terbatas, namun sumber daya yang ada terbatas. Perkembangan ilmu
pengetahuan juga telah mengubah orientasi ekonomi yang dikenal dengan “gelombang ekonomi baru”. Sekarang kita telah memasuki gelombang
ekonomi keempat yaitu “gelombang ekonomi kreatif”.
ü Bab 2 Konsep dan Konteks Ekonomi
Kreatif
Konteks ekonomi kreatif meliputi
kreativitas dan inovasi. Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu
yang baru yang belum dikenal sebelumnya. Sedangkan inovasi adalah penciptaan yang lebih baik tentang sesuatu yang sudah ada.
ü Bab 3 Modal Pasar dan Aktor
Penggerak Ekonomi Kreatif
Modal ekonomi kreatif terdiri dari modal
insani, modal budaya, modal kelembagaan dan struktural, serta modal sosial.
Aktor penggerak ekonomi kreatif meliputi wirausahawan, pemilik bisnis, dan juga pemerintah.
ü Bab 4 Rantai Nilai dan Model
Penciptaan Nilai Tambah Ekonomi Kreatif
Nilai tambah tercipta dari kemampuan
berpikir kreatif yang berbentuk ide dan gagasan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Secara kualitatif, nilai tambah
dapat diukur dari pembaruan dan kegunaan.
Sedangkan secara kuantitatif, nilai tambah dapat diukur dari perbedaan.
ü Bab 5 Industri Kreatif
Industri kreatif merupakan kreasi, produksi, serta ditribusi barang dan jasa yang menggunakan kreativitas serta inovasi dengan kemampuan intelektual. Industri kreatif
berperan dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional dan global, yaitu
menciptakan bisnis, menciptakan lapangan kerja, menumbuhkan kreativitas
dan inovasi, menciptakan sumber daya yang baru, meningkatkan ekspor, dan
berkontribusi terhadap GNP.
ü Bab 6 Sumber Daya Ekonomi Kreatif
Sumber daya ekonomi kreatif adalah
orang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan ide atau gagasan baru, teknologi dan metode baru, serta
kandungan baru. Sumber daya manusia kreatif, meliputi orang yang menguasai
bidang sains, seni, penemuan, pendidikan, dan sebagainya.
ü Bab 7 Kondisi dan Faktor-Faktor
Pembentuk Karakter Kreatif dan Inovatif
Kreativitas memiliki tiga kondisi
penting, yaitu kepribadian, keorisinalitas,
dan memilik makna. Faktor yang
mempengaruhi karakter kreatif dan inovatif, yaitu faktor internal dan
eksternal. Faktor internal terdiri atas bakat, pengetahuan, kemauan, sikap,
motivasi, jiwa, perilaku, dan pengendalian diri. Sedangkan faktor eksternal terdiri
atas lingkungan, keluarga, organisasi, pendidikan, pengalaman, dan kelompok.
ü Bab 8 Manajemen Kreativitas
Manajemen kreativitas menyangkut
pengetahuan, ketika menggali sifat-sifat yang tidak
menyamai dari ide-ide, dan ketika menyatakan hak kekayaan
intelektual serta membuat ide yang dimiliknya sebagai produk yang memiliki kesamaan.
ü Bab 9 Mengelola Ide dan Gagasan
Ide dihasilkan dengan cara merenung atau
mengkhayal sesuatu untuk dapat digerakkan secara
internal melalui perubahan cara pandang terhadap tindakan yang akan dilakukan. Kita perlu melakukan evaluasi secara terus menerus agar dapat mengubah ide menjadi peluang.
ü Bab 10 Kekayaan Intelektual
Kekayaan intelektual merupakan hak milik
seseorang, dalam bentuk hubungannya dengan seseorang yang terbangun dari
berbagai hak termasuk kepemilikan dan hak untuk menggunakan dan
menghancurkan, serta hak untuk menjual, meminjamkan dan membuang.
ü Bab 11 Pengembangan Ekonomi Kreatif
Pentingnya kita melakukan pengembangan ekonomi kreatif disebabkan
oleh kontribusi ekonomi kreatif yang signifikan terhadap perekonomian di Indonesia,
ekonomi kreatif dapat meningkatkan kualitas hidup dan toleransi sosial, ekonomi kreatif juga dapat menciptakan bisnis yang kondusif, mendorong
kreativitas dan inovasi untuk dapat membentuk citra bangsa dan mendorong kemajuan bangsa.
Buku
Ekonomi Kreatif ini disusun untuk keperluan masyarakat luas, seperti akademisi,
mahasiswa, pelajar, pengusaha, karyawan, pebisnis dan siapa saja yang berminat untuk mempelajari
usaha-usaha kreatif dalam menciptakan kekayaan intelektual dan menciptakan peluang di bidang ekonomi. Buku ini disajikan secara imajinatif, karena isinya selain dalam bentuk uraian
dan contoh, materi juga disajikan secara dialogis. Materi dalam buku ini juga
disajikan secara lengkap dan disertai dengan tabel-tabel yang mendukung supaya
pembaca mendapatkan gambaran mengenai materi. Selain itu di setiap akhir bab,
terdapat rangkuman dari bab tersebut dan juga disertai bahan diskusi yang dapat
kita manfaatkan sebagai evaluasi pembelajaran bab tersebut.
Berbicara
mengenai kekurangan buku ini, buku ini terlalu terkesan dengan banyak tulisan
dalam lembar demi lembarnya, alangkah lebih menarik jika ditambahi dengan
ilustrasi gambar yang mendukung tentang kreativitas dan inovasi sehingga
pembaca tidak terlalu berkutat hanya dengan materi-materi yang disajikan.
Terlepas
dari kekurangannya, buku ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin
mempelajari usaha-usaha melalui inovasi dan kreativitas untuk menciptakan
peluang.
Situs website UNY :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar